Yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih Kopi Robusta Liwa, Kopi Lampung Barat Yang Sudah Mendunia

Siapa yang tidak kenal dengan kopi robusta liwa, kopi asal Lampung Barat ini sudah terkenal akan cita rasanya yang khas, menarik, dan juga unik. Tidak hanya terkenal di dalam negeri saja, namun juga terkenal di mancanegara. Anda yang tertarik untuk membeli kopi yang satu ini, maka perhatikan hal-hal berikut ini.

Tentang perkebunan kopi robusta Liwa

Lampung Barat dengan ibukota Liwa, ini termasuk salah satu perkebunan kopi yang sangat luas di Indonesia. Luas perkebunan kopi Lampung ini sendiri sekitar 53 ribu hektar, dan tersebar di 15 kecamatan 5 kelurahan dan 131 desa. Selain sebagai ibukota, Liwa juga termasuk salah satu kawasan perkebunan kopi di Lampung Barat.

Dengan luas tersebut kawasan Lampung barat tersebut, mampu menghasilkan sekitar 52 ton lebih kopi setiap tahunnya. Atau bisa dibilang sekitar hampir 70% kopi robusta yang ada di Indonesia, dihasilkan oleh kawasan tersebut.

Jenis kopi yang ditawarkan oleh Lampung Barat

Sebenarnya kopi Liwa yang ditawarkan cukup beragam, tepatnya ada 3 jenis kopi yang ditawarkan, antara lain :

1. Kopi robusta

Kopi robusta adalah kopi yang cukup diunggulkan oleh kabupaten Lampung Barat tersebut. Cita rasa yang dihasilkan, mampu memikat perhatikan para penggemar kopi, tidak hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri.

2. Kopi arabika

Selain kopi robusta, sebenarnya kebun kopi Lampung Barat juga menghasilkan kopi arabika juga ikut digalakkan di tempat ini, hanya saja pamornya kurang menonjol, dibanding kopi robusta. Namun demikian, ada beberapa penikmat kopi arabika yang menyukai karakter kopi yang dihasilkan oleh Lampung Barat tersebut.

3. Kopi luwak

Tidak banyak yang tahu, bahwa kopi luwak juga turut digalakkan di kawasan tersebut. Sama seperti robusta, kopi luwak Lampung Barat juga cukup terkenal, namun tidak setenar kopi robusta.

Tips Memilih kopi robusta Liwa

Untuk memudahkan Anda dalam memilih jenis kopi robusta liwa yang sesuai keinginan dan kebutuhan Anda, tidak terlalu sulit. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain :

1. Memilih berdasarkan level roasting

Yang harus Anda ketahui, ketika akan membeli kopi Liwa Lampung, adalah level roasting yang digunakan. Level roasting ini sendiri adalah level atau tingkat kematangan atau proses pemanggangan dari biji kopi yang masih mentah. Masing-masing tingkat atau level, menciptakan cita rasa dan aroma yang berbeda.

  • Light roasting

Kali ini biji kopi akan dipanggang dengan suhu sekitar 196 derajat celcius hingga 205 derajat celcius. Yang artinya biji kopi yang dipanggang hanya mengalami first crack, atau tidak terlalu matang. Ini pula yang membuat warna kopi coklat terang, agak kekuningan, tanpa adanya kilau minyak di bagian permukaannya.
Untuk rasa cenderung mempunyai cita rasa asam yang kuat, pahit dan sedikit grassy.

  • Medium roasting

Kali ini biji kopi akan dipanggang dengan suhu sekitar 210 derajat celcius hingga 219 derajat celcius. Pada tingkat kematangan seperti ini, biji kopi akan mengeluarkan aroma manis, selain itu tingkat keasamannya juga mulai berkurang, demikian pula dengan rasa pahit pada kopi tersebut. Warna biji kopi yang dihasilkan pada medium roast ini cenderung coklat tua.

  • Dark roasting

Atau juga dikenal dengan sebutan medium dark roast, dimana pada biji kopi akan dipanggang dengan suhu sekitar 225 derajat atau bahkan lebih. Pada level ini, biji kopi akan mengalami second crack. Kali ini, aroma yang tercipta adalah aroma gosong, sedangkan cita rasa asam akan hilang, namun hanya ada rasa pahit. Pastinya warna biji kopi yang dihasilkan cenderung hitam mengkilap, lanatan kandungan minyak yang ada di dalam biji kopi mulai keluar.

2. Memilih berdasarkan bentuk kopi

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan, ketika akan memilih kopi adalah berdasarkan bentuknya. Ketika panen kopi robusta di Lampung Barat, dan juga kawasan lain di Dunia, pastinya kan membagi bentuk kopi yang akan dipasarkan jadi 3 jenis, yaitu :

  • Biji kopi masih mentah

Seperti namanya, maka biji kopi yang sudah dibersihkan, dan siap untuk dipanggang, akan langsung dikemas. Jadi dalam hal ini, Anda sebagai konsumen, harus memanggang atau menyangrai biji kopi tersebut sesuai keinginan, lalu membukanya hingga halus, sebelum akhirnya dikonsumsi.
Kelebihan membeli biji kopi mentah seperti ini adalah Anda dapat memanggang kopi sesuai dengan keinginan, baik itu light roast, medium roast atau juga dark roast.

  • Biji kopi yang sudah dipanggang

Yang kedua adalah biji kopi yang sudah dipanggang. Ini adalah salah satu bentuk yang cukup digemari. Karena dengan demikian, pihak pembeli, dalam hal ini Anda dapat menghaluskannya sesuai dengan keinginan, agak kasar, sedikit lebih halus atau benar-benar halus. Karena teknik menghacurkan biji kopi ini juga akan memberikan sensasi kopi yang berbeda.
Selain itu kelebihan ketika menyimpan biji kopi yang sudah matang seperti ini, membuat masa simpan biji kopi tersebut jadi tambah lama dan awet.

  • Bubuk kopi

Ini adalah salah satu produk yang paling banyak dicari. Dimana kelebihan dari kopi bubuk ini adalah mudah untuk diseduh, baik menggunakan mesin kopi atau secara manual. Prosesnya juga jauh lebih simpel, dibanding menyimpan kopi dalam bentuk biji kopi yang masih mentah atau yang sudah dipanggang.

3. Memilih berdasarkan kemasan produk

Ketika Anda akan membeli kopi robusta Lampung terbaik, maka hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih produk kopi berdasarkan kemasan produk itu sendiri. Saat ini, masing-masing brand mempunyai desain kemasan yang berbeda-beda. Anda dapat memilih salah satu desain kemasan yang sesuai kebutuhan. Dimana masing-masing kemasan akan menentukan usia atau lama tidaknya biji atau bubuk kopi tersebut untuk dikonsumsi.

  • Kemasan plastik, dimana kemasan ini, mempunyai harga yang lebih ekonomis.
  • Pouch aluminium foil, dimana kemesraan ini, sudah dilengkapi dengan zipper yang memudahkan para penggunanya membuka dan menutup produk tersebut.
  • Kemasan kaleng, dimana kemasan ini terlihat eksklusif, dan paling pas jika dijadikan sebagai buah tangan.

4. Memilih berdasarkan brand

Dalam memilih kopi Liwa Lampung Barat, tidak ada salahnya jika Anda juga memperhatikan berdasarkan brand yang memproduksi kopi tersebut. Masing-masing produsen, mempunyai cita rasa yang berbeda-beda. Anda dapat mencari salah satu brand yang dinilai sesuai dan menampilkan cita rasa yang sesuai dengan kopi yang diinginkan.
Sedikit tips untuk Anda, sebaiknya beli dalam jumlah sedikit, sebagai tester. Biasanya ketika Anda membeli di toko kopi, akan ada tester, gunakan kesempatan tersebut untuk menemukan kopi Lampung Barat yang diinginkan.

5. Memilih berdasarkan kandungan kafein di dalamnya

Hal lain yang jangan lupa, untuk Anda perhatikan ketika membeli kopi Lampung adalah, mencari tahu kopi robusta aman untuk Lambung, terutama untuk Anda yang mempunyai masalah dengan lambung.
Kali ini cek kadar kafein dan kadar asam yang ada pada kopi tersebut. Bagi Anda yang mempunyai masalah dengan lambung, sebaiknya konsumsi kopi dengan tingkat roasted medium. Lantaran kadar kafein dan kadar asamnya terbilang tidak terlalu banyak.

Demikianlah beberapa informasi dan tips membeli kopi robusta liwa yang ada di Lampung Barat. Semoga ulasan ini berguna dan memudahkan Anda dalam memilih jenis kopi yang sesuai selera.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *