Wajib Tau, Ini 5 Wilayah Kebun Kopi Robusta di Indonesia

Menjadi salah satu negara pengekspor kopi terbesar di dunia, membuat Indonesia memiliki beberapa daerah yang menjadi produsen kopi terbesar. Beberapa daerah tersebut, tentu juga memiliki kebun kopi robusta di Indonesia.

Kira-kira daerah mana saja yang menjadi produsen kopi terbesar tersebut? Apakah salah satu daerah tersebut ada daerah asalmu? Simak penjelasan berikut ini, untuk mengetahui info lebih lanjut terkait daerah penghasil kopi dengan jumlah yang cukup banyak.

Daerah Penghasil Kopi di Indonesia

  1. Sumatera Selatan

Memiliki luas wilayah yang cukup luas, provinsi Sumatera Selatan menjadi salah satu penyumbang produksi kopi terbanyak di wilayah Indonesia. Struktur tanahnya yang sangat cocok untuk ditanami pohon kopi, membuat kebanyakan masyarakat di wilayah tersebut menjadi petani kopi.

Sehingga tidak heran jika wilayah tersebut menjadi salah satu wilayah penghasil kopi terbesar. Untuk besar luas wilayah daerah Sumatera yang ditanami kopi kira-kira mencapai 263.339 Ha. Tentu bilangan tersebut bukanlah jumlah yang sedikit untuk menghasilkan kopi.

  1. Lampung

Wilayah selanjutnya yang menjadi produsen kopi terbesar di wilayah Indonesia adalah wilayah Lampung. Disini anda bisa menemukan kebun kopi Lampung yang cukup luas. Kebanyakan dari kebun kopi tersebut merupakan jenis kebun kopi robusta di Indonesia. Sehingga tidak heran jika daerah Lampung terkenal dengan kopi jenis robustanya.

Untuk wilayah Lampung sendiri, menyumbang cukup banyak dalam produksi kopi. Besaran wilayah yang digunakan untuk menanam kopi mencapai 161.416 Ha. Luasnya wilayah tersebut, menjadikan daerah Lampung sebagai penyumbang produksi kopi sebanyak 17%.

Bahkan dari jumlah panen tersebut banyak juga hasil panen yang diekspor ke luar negeri. Sehingga tidak heran jika kopi robusta Lampung banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia maupun dari mancanegara.

  1. Aceh Tengah

Menyeberang ke pulau seberang, anda bisa menemukan produsen kopi di daerah lain yaitu wilayah Aceh Tengah. Di wilayah ini dihasilkan banyak kopi dan mampu menyumbang 10,27% produksi kopi dari seluruh produsen kopi di Indonesia.

Berbeda dengan daerah lainnya yang terkenal dengan kopi robustanya, daerah Aceh Tengah lebih cocok ditanami dengan jenis kopi Arabika.

  1. Sumatera Utara

Kembali lagi ke pulau Sumatera, ada daerah lain yang menjadi salah satu produsen kopi terbesar yaitu Sumatera Utara. Daerah ini, dikenal dengan jenis kopi Mandhelingnya. Untuk besaran jumlah produksi kopi yang dihasilkan, mencapai 9,9% dari jumlah produksi kopi di wilayah Indonesia.

  1. Jawa Timur

Meskipun banyak produsen kopi di wilayah Jawa, namun hanya di wilayah Jawa Timurlah yang produksi lebih banyak jika dibandingkan dengan daerah lain di pulau Jawa. Daerahnya yang dekat dengan gunung aktif, membuat daerah di wilayah di Jawa Timur menjadi subur.

Beberapa wilayah Jawa Timur yang menjadi penghasil kopi terbanyak antara lain; Jember, Malang, Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

Sekarang anda sudah tahu kan? Banyak sekali kebun kopi robusta di Indonesia. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi akan kekurangan kopi saat berada di Indonesia. Justru malah sebaliknya, anda bisa menikmati berbagai macam jenis kopi dari wilayah Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *