Tertarik Membeli Kopi Liwa Lampung? Simak Tips Memilih Sebelum Membelinya Berikut Ini

Kopi telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat bahkan sejak dulu. Banyak orang selalu meminum kopi sebagai teman untuk sarapan paginya atau teman menyantap makanan ringan.
Sekarang ini bahkan kedai kopi sudah banyak dan hadir untuk berbagai kalangan dan menjadi tempat favorit bagi warga masyarakat untuk melepas penat di tengah kesibukan.

Diantara beragam jenis kopi, terdapat kopi liwa Lampung yang telah terkenal luas, bukan hanya di Indonesia, namun juga di dunia. Bagi Anda yang telah terbiasa meminum kopi mungkin sudah tahu cara memilihnya, namun bagi Anda yang baru saja mulai mengenal kopi terutama kopi buatan daerah Lampung mungkin masih kebingungan.
Oleh karena itu, kali ini kita akan bahas bagaimana cara memilih kopi Liwa Lampung yang enak.

1. Berkenalan Dengan Bau Kopi

Perlu untuk diketahui, aroma kopi termasuk kopi liwa Lampung sudah bisa tercium sebelum diseduh atau ketika masih dalam bentuk biji atau bubuk.
Biasanya aromanya tidak terlalu kuat namun akan tetap bisa tercium oleh Anda.
Disarankan untuk tidak membeli kopi yang memiliki aroma yang tidak sedap karena akan sangat mempengaruhi rasanya setelah diseduh nanti.

2. Pilihlah Biji Kopi yang Freshly Roasted

Bagi Anda yang senang membuat kopi sendiri dirumah, sebaiknya membeli biji kopi yang freshly roasted. Freshly roasted sendiri maksudnya adalah biji yang baru selesai dipanggang.
Kelebihan dari biji kopi yang baru saja selesai dipanggang adalah segar dan memiliki aroma yang sangat khas.
Apabila Anda gemar menyimpan kopi untuk dijadikan persediaan, disarankan agar tidak menyimpannya untuk waktu yang terlalu lama karena kesegarannya pasti sudah berkurang.

3. Jangan Membeli Terlalu Banyak

Meminum kopi memang memberikan beberapa manfaat bagi tubuh Anda seperti membantu untuk menenangkan perasaan serta membuat stamina Anda meningkat.
Namun, perlu diingat kalau meminum kopi juga dapat memberi efek tetap terbangun sepanjang malam.
Karena itulah, ada baiknya untuk membeli kopi dalam jumlah secukupnya saja dan tidak terlalu banyak.

4. Cari Tahu Kandungan Gula dan Kafein dalam Kopi yang Akan Diminum

Setiap kopi punya kandungan gula dan kafein yang berbeda tergantung jenisnya. Karena itulah Anda perlu mencari tahu terlebih dulu kandungan gula dan kafein di dalam kopi yang akan Anda minum. Sebagai contoh, Kopi Robusta Liwa memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan Kopi Arabika. Namun kadar gulanya lebih rendah.
Dari sini dapat kita simpulkan kalau semakin tinggi kandungan kafein dalam sebuah kopi akan semakin pahit kopi tersebut.

Itulah sedikit informasi mengenai cara memilih kopi liwa Lampung untuk Anda yang baru berkenalan dengan kopi liwa Lampung dan tertarik untuk membelinya. Sudahkah Anda membeli dan mencicipi rasanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *