Suka Minum Kopi? Inilah Kopi Luwak Lampung Barat, Kopi Unik Khas Provinsi Lampung

Siapa, sih, yang tidak suka minum kopi? Tentu bagi anda penyuka kopi tentu kopi luwak Lampung Barat bisa menjadi salah satu solusi yang paling tepat. Sebab jika dibandingkan dengan kopi biasanya, luwak memiliki citarasa yang khas.

Bahkan tak heran kalau popularitas dari kopi khas provinsi Lampung ini bisa saja menjadi meningkat. Tetapi jangan khawatir jika ingin mendapatkan jenis kopi ini tidak sulit melainkan mudah sekali untuk anda dapatkan. Bagaimana? Penasaran seperti apa jenis kopinya? Cek di artikel ini!

Tentang Kopi Luwak

Pada dasarnya kopi luwak ini sudah ada sejak lama bahkan sudah tersebar di berbagai kota. Sedangkan untuk harga kopi luwak sendiri lumayan mahal jika dibandingkan dengan kopi pada umumnya. Bahkan untuk bijinya saja dibanderol dengan harga US $200 untuk 900 gramnya.

Tak heran kalau kopi luwak ini memiliki rasa yang enak dan aroma yang khas. Bukan hanya di Indonesia saja tentu kopi ini pun sudah mulai tersebar di berbagai negara. Bahkan kegunaannya bisa berfungsi sebagai penyembuh sakit maag hingga darah tinggi.

Tetapi walaupun diminum secara rutin tentu kopi luwak tidak akan memiliki pengaruh buruk terhadap asam lambung. Awalnya luwak atau yang bisa disebut dengan musang luwak ini dulunya senang sekali mengkonsumsi buah – buahan.

Bahkan luwak pun sudah dianggap sebagai salah satu hewan yang memiliki indra penciuman yang pekat. Jangan salah luwak pun mampu membedakan mana buah kopi yang sudah matang dan mana buah kopi yang belum matang.

Proses Peternakan Biji Luwak

Pada dasarnya proses peternakan dari kopi luwak ini harus melalui berbagai tahap. Kopi luwak yang dinikmati saat ini awalnya berasal dari luwak yang dipelihara. Tetapi luwak yang dipelihara tidak liar melainkan sudah jinak dan hasilnya pun tidak kalah dari kopi robusta liwa.

Untuk memelihara beberapa ekor luwak ini tentu membutuhkan modal yang besar. Kalau diperkirakan satu ekor luwak bisa mencapai 10 juta rupiah. Tentu walaupun sudah merawat luwak, setiap pemilik harus tetap menjaga kebersihan serta makanan apa saja yang dimakan oleh luwak.

Sebab jika luwak memakan makanan yang baik tentu hasil yang diberikan pun akan halal dan higienis. Walaupun berasal dari luwak, kopi ini sudah higienis dan sudah tersertifikasi halal. Untuk prosesnya dimulai dengan luwak yang hanya mau mengkonsumsi biji merah saja.

Kemudian beberapa kotoran tersebut akan dikeringkan terlebih dahulu dengan dijemur di atas terik matahari. Kalau sudah kering nanti beberapa kulit harus dilepaskan dari biji kopinya. Nanti barulah biji kopi tersebut dicuci lalu dijemur seperti biasa.

Jika melihat proses dari pembuatannya pun terlihat sangat lama tentu jangan heran kalau harga yang diberikan pun sebanding dengan kualitasnya. Bagi anda yang suka dengan kopi, tentu akan merasa citarasa yang berbeda saat mencicipi kopi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *