Sudah Tahu Kopi Robusta Liwa? Inilah Kopi Liwa Khas Dari Lampung

Pada zaman sekarang kopi liwa sudah menjadi salah satu minuman wajib di pagi hari. Bagi warga lampung yang sudah tahu kopi ini tentu tidak akan asing dengan rasanya. Kopi ini pada dasarnya merupakan biji unggulan baru dari kopi Robusta.

Tak heran sampai saat ini kalau kopi robusta ini masih dilestarikan sampai sekarang. Bahkan untuk merawatnya pun memerlukan proses yang panjang. Tentu penasaran, bukan? Bagaimana proses pembuatan kopi tersebut? Cek di artikel ini!

Apa Itu Kopi Robusta?

Kopi robusta merupakan salah satu jenis kopi yang diproduksi dengan berat 2 ton per tahunnya. Bahkan untuk rasa dari kopi robusta Liwa ini memiliki rasa yang khas dan tidak ada tandingannya. Bukan hanya itu saja, kopi ini pun sempat diuji langsung melalui pengujian cita rasa.
Dan alhasil tentu hasil yang diberikan pun memuaskan dengan nilai mencapai angka 10. Untuk sebuah kopi hal ini merupakan angka yang amat bagus ditambah dengan kebersihan dalam membuat kopi bisa menjadi nilai tambahnya.

Jika anda sudah biasa mencium aroma dari kopi robusta ini tentu siapapun tidak akan ada yang merasakan aroma negatif di dalamnya. Melainkan aroma yang diberikan pun sangat khas dan berbeda dibandingkan kopi lainnya.
Pada dasarnya kopi robusta ini juga disebut dengan kopi korolla 1 dan 2. Untuk mendapatkan kopi ini pun mudah bisa didapatkan langsung di desa Bodong Jaya, Kecamatan Tugu Jaya, Kabupaten Lampung Barat.

Tentang Kopi Robusta

Awalnya kopi korolla 1 ini lebih disebut dengan tugu kuning, sedangkan kopi korolla 2 disebut dengan tugu hijau. Bahkan kopi ini pun terdapat di Kecamatan Air Hitam, Sekincau, Gunung Gendut dan Tanggamus. Atau anda tetap bisa membeli kopi robusta Lampung ini melalui e-commerce.
Perlu diketahui Kopi Robusta sebenarnya tumbuh di Afrika Barat terutama pada dataran rendah yang memiliki suhu lebih tinggi. Sedangkan untuk produksinya sendiri sudah mendapatkan persentase sekitar 30 persen untuk produksi kopi di seluruh dunia.

Salah satu negara yang sudah mengekspor kopi robusta adalah Vietnam dengan berat sebanyak 60 KG. Tentu angka itu merupakan angka besar bagi kopi robusta, untuk cara merawat tanamannya pun mudah sehingga pemilik tidak pernah kesulitan dalam merawatnya.

Sebenarnya kopi robusta ini terdapat kandungan kafein hingga asam klorogenik yang tinggi. Sehingga kandungan ini masih dinyatakan aman sebagai pestisida alami. Bahkan tak jarang hal ini membuat tumbuhan bisa lebih terlindungi dari berbagai serangan yang mengancam.
Sekarang bagi para pecinta kopi yang masih penasaran seperti apa kopi robusta tentu sudah tidak bingung. Melainkan anda bisa memahami kopi robusta dengan mudah dan cara mendapatkannya pun tidak sulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *