Sebaran Perkebunan Kopi Lampung

Sudah pernah dengar tentang kopi Lampung yang mendunia? Kopi Robusta dari Provinsi Lampung memang salah satu produk kopi primadona di Indonesia. Beberapa wilayah kabupaten di Lampung bahkan menjadi sentra produksi kopi berkualitas. Ada 3 kabupaten yang menjadi pusat perkebunan kopi Lampung dan menghasilkan kopi robusta dengan ciri khasnya masing masing. Ingin tahu lebih lanjut mengenai kopi Lampung dan pusat perkebunannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Keunikan Kopi Lampung

Kopi Lampung merupakan salah satu produk kopi unggulan Indonesia yang berkualitas ekspor. Sebagian besar kopi Lampung berjenis robusta karena wilayah geografisnya rendah 600 mdpl sampai ke tinggi yang cocok untuk perkembangan kopi tersebut. Ciri khas kopi ini pada umumnya adalah rasanya asam dan pahit yang kuat.

Wilayah Perkebunan Kopi Lampung

Komoditi kopi Lampung dikembangkan hampir di seluruh wilayah kabupaten. Wilayah dengan perkebunan kopi terluas adalah di Kabupaten Lampung Barat dengan luasan sekitar 59.357 hektar. Kemudian disusul oleh Kabupaten Tanggamus dengan 54.256 hektar wilayah. Dan wilayah ketiga adalah Kab. Way kanan dengan luas perkebunan kopinya 22.456 hektar.

Ada 7 kabupaten lagi yang menjadi sentra produksi kopi di Lampung. Seperti Lampung Timur, Lampung Selatan, Lampung Utara, Lampung Tengah, Pesawaran, Tulangbawang, dan terakhir Bandar Lampung. Semua kabupaten tersebut memang mengembangkan berbagai kopi dengan jenis tertentu dan memiliki ciri khas perkebunan dan hasil kopi yang unik. Memang kalau orang luas hanya mengenal hasil kopi Lampung saja, padahal setiap daerah memiliki keunikan tersendiri.

Perkebunan Kopi Lampung Barat

Wilayah penghasil kopi terbanyak di lampung ini menghasilkan jenis robusta terbaik dan favorit dunia. Daerah dengan wilayah dataran rendah dan dataran tinggi yang tersebar membuat berbagai jenis kopi bisa tumbuh disini, tetapi yang paling banyak diproduksi memang robusta. Ciri Kopi khas LamPung Barat yaitu keasaman rendah dengan karakter rasa earthy dengan notes nutty, woody, juga dark coklat. Kopi Lampung Barat yang Paling Terkenal adalah kopi robusta Liwa.

Perkebunan Kopi Tanggamus

Perkebunan kopi Lampung terluas berikutnya adalah wilayah Tanggamus. Tanggamus memberikan kontribusi hasil kopi Lampung sebanyak 40% dan seluruh perkebunan kopi dikelola oleh petani kopi mandiri. Jenis Kopi yang dikembangkan adalah kopi robusta. Letak geografis Kabupaten Tanggamus ini sangat cocok untuk menanam kopi robusta dengan ketinggian 600 mdpl, karena jika ketinggian daratan hanya 100 sampai 200 mdpl, rasanya akan terlalu hambar.

Perkebunan Kopi Waykanan

Kabupaten Waykanan merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di Lampung dengan kopi unggulannya yaitu Robusta Putri Malu. Letak geografis dari Kabupaten Waykanan yang sebagian besar adalah dataran menengah sampai tinggi sangat cocok untuk perkembangan kopi robusta. Terdapat beberapa demplot petik merah untuk memproduksi kopi ini yaitu kecamatan Banjit, Kasui, dan Rebang Tangkas. Kopi dari Waykanan terkenal dengan aromanya yang lebih wangi.

Itulah penjelasan mengenai keunikan dan sebaran perkebunan kopi Lampung di beberapa Kabupaten, Provinsi Lampung. Setiap daerah penghasil kopi di Lampung, memiliki ciri khas produk masing-masing tergantung letak geografis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *