Resep Es Kopi Susu Janji Jiwa Buat Sendiri di Rumah

Kedai kopi Janji Jiwa semakin menjamur di berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini mengingat memang banyak orang Indonesia yang gemar untuk meminum kopi. Apalagi para anak muda pasti sangat suka meminum minuman es kopi kekinian dengan konsep yang coffe shop yang modern.

Namun ternyata kamu tidak harus mendatangi kedai kopi susu janji jiwa untuk menikmati kopi. Kamu bahkan bisa membuat kopi dengan rasa serupa dengan resep es kopi susu janji jiwa yang akan dibahas di bawah ini. Kamu bisa membuatnya dengan bahan-bahan yang sudah tersedia di Rumah kamu.

Berikut ini ada berbagai bahan dan juga langkah-langkah resep kopi susu gula aren . Jika kamu ingin membuat es kopi susu ala Janji Jiwa sendiri di Rumah.

Bahan yang Perlu Disiapkan 

Resep es kopi susu janji jiwa ini dimulai dengan menyiapkan bahan-bahan pembuatannya. Hanya 4 bahan saja yang diperlukan. Berikut ini adalah daftarnya.

  • 2 sendok teh bubuk kopi gilingan atau juga bisa menggunakan 1 sachet kopi hitam instan
  • 30-100 ml air sesuai dengan selera
  • 120-150 ml susu putih yang tanpa gula bisa menggunakan susu UHT
  • 20-50 ml gula aren bisa disesuaikan dengan kadar rasa manis yang diinginkan

Takaran yang tertera di atas hanyalah perkiraan. Semuanya bisa diubah sesuai dengan selera kamu, mungkin saja kamu ingin kopi yang lebih manis. Kamu bisa memperbanyak takaran susu atau gulanya. Begitu juga sebaliknya.

Langkah-Langkah Untuk Membuat Es Kopi Susu Janji Jiwa 

Setelah mengetahui bahan yang harus disiapkan, sekarang kita mulai ke langkah-langkah meracik es kopi susu ala Janji Jiwa ini. Berikut ini adalah panduannya.

  1. Pertama, masak air sampai mendidih sambil menunggu air mendidih. Potong gula aren sampai sekecil mungkin. Masukkan ke dalam air yang sudah mendidih kemudian aduk-aduk sampai larut tanpa ada yang menggumpal.
  2. Kedua, seduh kopi dengan air panas di dalam gelas tanpa gula. Kemudian dinginkan.
  3. Ketiga, Tuangkan gula aren yang sudah dingin pada gelas. Tuang sampai gula aren memenuhi dasar gelas.  Taruh bongkahan es batu di atas gula aren.
  4. Keempat, selanjutnya tuangkan susu jangan sampai terlalu penuh agar ada ruang untuk cairan kopi di gelas.
  5. Kelima, Terakhir tuang kopi yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam gelas.

Itulah resep es kopi susu Janji Jiwa, caranya sangat mudah dipastikan kamu bisa membuatnya sendiri di Rumah.  Mungkin saja kamu bisa menjadikan resep ini tidak hanya sekedar untuk dinikmati sendiri. Namun menjadi peluang untuk mengembangkan bisnis kedai kopimu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *