Panen Kopi Dalam Setahun Sesuai Jenisnya

Memanen biji kopi tidak bisa disamaratakan. Setiap jenis biji kopi memiliki masa panen kopi dalam setahun yang berbeda. Secara umum, buah kopi dapat berbuah dan berproduksi saat berusia 2.5 sampai dengan 4 tahun. Namun, pohon kopi akan menghasilkan buah yang maksimal pada usia 5 tahun.

Jumlah Panen Kopi Dalam Setahun

Banyak orang bertanya berapa kali panen kopi dalam setahun? Jawabannya tergantung dari jenis buah kopinya. Untuk setiap jenis kopi memiliki waktu panen yang berbeda. Misalnya saja untuk jenis kopi Robusta, membutuhkan waktu 2.5 sampai dengan 3 tahun untuk berbuah pada pertama kalinya.

Selanjutnya buah kopi Robusta membutuhkan waktu 8 bulan hingga 11 bulan untuk matang. Berbeda lagi untuk jenis kopi Arabika yang memerlukan waktu berbuah sekitar 3 sampai dengan 4 tahun untuk buah pertama. Buah kopi Arabika akan matang dalam kurun waktu 6 hingga 8 bulan saja.

Sedangkan untuk kopi Liberika akan dapat dipanen sepanjang tahun. Jadi berapa panen kopi dalam setahun tergantung dari jenis kopi yang akan di panen. Selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah cara memilih buah kopi yang siap panen.

Cara Memilih Buah Kopi Yang Siap Panen

Anda dapat belajar menyeleksi buah kopi yang matang melalui petani di kebun kopi lampung. Namun Anda juga dapat belajar sendiri dengan mengetahui ciri-ciri buah kopi yang sudah matang. Buah kopi yang sudah matang akan memiliki ciri-ciri yang paling menonjol dari kulit buahnya.

Buah kopi yang siap untuk dipanen akan berwarna merah secara penuh. Buah yang berwarna hijau dan juga kuning merupakan buah kopi yang belum matang. Tingkat kematangan buah kopi ini akan menghasilkan kopi dengan karakteristik yang berbeda.

Untuk kopi yang berwarna hijau akan menghasilkan kopi dengan karakteristik aroma yang lemah. Maka biasanya buah berwarna hijau ini tidak disarankan untuk dipanen kecuali dengan alasan tertentu.

Buah yang berwarna kuning kemerahan merupakan buah yang hampir matang namun belum sepenuhnya matang. Aroma kopi buah ini nantinya cukup kuat dan sudah boleh untuk dilakukan pemetikan.

Buah dengan warna merah penuh merupakan buah kopi yang sudah sangat siap untuk dipanen. Buah ini matang sempurna dengan aroma yang mantap. Buah ini merupakan buah dengan kondisi terbaik.

Sedangkan yang terakhir adalah buah dengan warna yang merah tua merupakan buah yang terlampau matang. Buah ini memiliki kualitas yang telah menurun dan memiliki aroma earthy. Itulah tadi kisaran waktu panen kopi dalam setahun yang dapat menjadi referensi Anda. Waktu panen untuk setiap jenis buah berbeda tergantung jenis dan buah seperti apa yang ingin Anda panen. Sebaiknya panen saat buah merah penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *