Mengenal Perkebunan Kopi di Lampung Yang Sangat Populer

Perkembunan kopi di Lampung memang mempunyai popularitas tersendiri bagi masyarakat Indonesia terutama buat kalangan pecinta kopi. Seperti telah diketahui, Indonesia sendiri memang dikenal mempunyai beberapa jenis kopi. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena setiap daerah dikenal mampu menghasilkan kopi tersendiri bahkan tidak hanya dikenal di Indonesia saja tetapi juga dunia.
Perlu diingat juga bahwa karakteristik dari kopi indonesia sendiri ternyata sangat tergantung dengan daerah asalnya. Bukan hanya itu saja, aroma sekaligus cita rasanya sendiri juga sangat tergantung dengan daerahnya tumbuh. Sebut saja kopi Lampung asli dimana juga menjadi sorotan tersendiri buat kalangan pecinta kopi dunia.

Perkebunan Kopi di Lampung Sebagai Daerah Penghasil

Bagi anda yang mengaku sebagai pecinta kopi, pasti sudah tidak asing lagi dengan popularitas dari kopi asal Lampung bukan? atau kemungkinan besar, Anda termasuk salah satu dari penikmatnya bukan? ya, sama seperti dengan varian lainnya, varian dari Lampung inipun juga mempunyai ciri khas tersendiri.
Adapun perkembunan kopi di Lampung yang paling popular adalah daerah Lampung barat. Sebab kawasan ini dikenal mampu menghasilkan kopi dengan kualitas paling tinggi. Adapun jenis kopi yang terkenal dari Lampung adalah jenis robusta. Diman robusta dikenal berkat rasa asam sekaligus strong yang ditawarkan.
Buat para pecinta kopi, tentu rasa sekaligus aroma dari varian Robusta inipun benar-benar memberikan karakter tersendiri. Inilah yang menjadikannya sebagai keunggulan tersendiri dengan aromanya sangat kuat sehingga memberikan kenyamanan kepada para penikmat kopi.
Kopi Robusta dari Lampung barat inipun juga dikenal karena mampu memproduksi 100 ribu ton per tahun. Bahkan terdapat perkebunan dengan luas 53 ribu hektar. Kebun-kebunnya sendiri tersebar di beberapa wilayah yakni 15 kecamatan, 5 kelurahan dan 131 desa.
Di kawasan Lampung Barat, daerah Liwa sangat terkenal sebagai perkebunan kopi yang mampu menghasilkan robusta utama. Dengan luas lahan kebun mencapai 53 ribu hektar lebih. 100 persen dari perkebunannya dikelola oleh masyarakat setempat dan dijadikan sebagai sumber utama mata pencaharian.

Karakteristik Kopi Lampung

Kopi ini pun juga mempunyai karakteristik tersendiri sehingga membuatnya memiliki penggemar tersendiri. Aroma atau baunya sendiri seperti coklat dan rempah-rempah sehingga mampu menghasilkan mutu sangat bagus. Tipe kopinya sendiri dapat tumbuh diatas 800 mdpl dan sangat subur jika tumbuh di daerah dingin.
Dibandingkan dengan jenis-jenis lainnya, Robusta yang dihasilkan dari Lampung inipun dikenal mempunyai keasaman cukup ideal sehingga aman buat dikonsumsi. Keunikan dari aroma sekaligus rasanya inilah membuatnya banyak digemari oleh masyarakat.
Mengkonsumsi kopi memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia yang sudah tak dapat dilepaskan lagi. Dengan adanya perkembunan kopi Lampung yang cukup luas itulah membuatnya semakin terdepan dan memiliki penggemar tersendiri karena karakter yang dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *