Mengenal Kopi Liwa Lampung Barat, Apa Keistimewaan Serta Perbedaannya Dengan Kopi Lainnya?

Bagi Anda pecinta kopi, tentu sudah tidak asing lagi dengan Kopi Liwa Lampung Barat. Lampung bersama beberapa daerah di pulau Sumatera seperti Bengkulu dan Jambi memang dikenal sebagai penghasil kopi robusta.

Lampung bahkan merupakan salah satu pengekspor kopi robusta liwa terbesar yang telah mengekspor ke berbagai negara. Beberapa contoh negara yang terkenal menggemari kopi robusta liwa Lampung barat ini adalah Amerika Serikat, Afrika Selatan, Iran, Italia, Rusia, Singapura, Inggris, Hong Kong, Mesir, Maroko, Malaysia, Rumania dan masih ada banyak negara lainnya.
Apa sebenarnya keistimewaan Kopi Liwa Lampung Barat ini? Apa juga perbedaannya dengan kopi lain?

Keistimewaan Kopi Liwa Lampung Barat
Keistimewaan Kopi Liwa Lampung Barat adalah rasa kopinya yang lebih nikmat dan padat. Hal ini disebabkan karena biji kopinya ditanam di lahan yang berada pada ketinggian 600 meter di atas laut.

Perbedaan Kopi Liwa Lampung Barat dengan Kopi Lain
Setiap kopi pastilah memiliki ciri khasnya sendiri, tidak terkecuali dengan Kopi Liwa Lampung Barat. Sekarang, kita akan lihat, apa perbedaannya dengan kopi lainnya?

  • Aroma dan Rasa

Kopi Liwa Lampung Barat memiliki ciri khas aroma cokelat yang bercampur dengan aroma kacang dan tanah. Sementara untuk kopi lain memiliki aroma yang kuat atau lembut.
Beberapa kopi memiliki cita rasa yang asam dan bahkan manis. Sementara kopi Liwa Lampung Barat terasa lebih pahit.

  • Bentuk dan Struktur dari Biji Kopinya

Akibat dari mengalami proses pemanggangan yang berbeda, bentuk dan struktur biji kopi liwa Lampung Barat cenderung berbeda dengan biji kopi lainnya misalnya biji kopi Arabika.
Biji kopi Arabika biasanya memiliki ukuran yang lebih besar, gepeng dan memanjang. Sementara biji kopi liwa Lampung Barat punya bentuk yang bulat.

  • Kandungan Kadar Kafein

Kopi Liwa Lampung Barat memiliki kadar kafein yang lebih tinggi dibandingkan kopi lain. Apabila kandungan kafein pada kopi lain adalah sekitar 1,2 %, maka kandungan kafein pada kopi liwa Lampung Barat adalah 2,2%.
Hal inilah yang membuat rasa kopi liwa Lampung Barat lebih pahit bila dibandingkan dengan kopi lain seperti kopi Arabika.

  • Kandungan Gula di Dalamnya

Bisa dibilang, Kopi Liwa Lampung Barat memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dibandingkan kopi lainnya seperti kopi Arabika.
Kopi Arabika mengandung gula sekitar 3% sampai 7 % bila dibandingkan dengan Kopi Liwa Lampung Barat, membuatnya terasa lebih manis ketika diminum meskipun tidak menambahkan gula.

  • Harga

Karena cara perawatannya yang tidak begitu rumit bila dibandingkan kopi lainnya, kopi Liwa Lampung Barat cenderung lebih murah. Meskipun belakangan ini, telah mulai bermunculan Kopi Liwa Lampung Barat kualitas premium yang memasang harga lebih tinggi.

Itulah sedikit informasi mengenai kelebihan Kopi Liwa Lampung Barat dan perbedaannya dengan kopi lainnya. Apakah Anda sudah pernah mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *