Mengenal Kopi Lampung : Karakteristik, Variasi Menu, Serta Peluang Bisnisnya

Mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa produk Kopi Lampung merupakan komoditas ekspor kopi terbesar di Indonesia. Dari jenis kopi robusta yang menghasilkan devisa negara, Kopi Lampung merupakan sebagian besar diantaranya.

Dikatakan demikian, sebab Kopi Lampung memiliki ciri khas tersendiri yang menjadikannya unik. Keunikan ini rupanya menarik minat masyarakat mancanegara untuk mencicipinya.

Meski demikian, kopi jenis ini juga bisa dinikmati oleh masyarakat dalam negeri. Produk kopi Lampung bisa didapat lewat berbagai toko kopi Lampung yang ada di Indonesia.

Lantas mengapa Kopi Lampung bisa begitu populer? Apa saja yang membuatnya menarik? Dan bagaimana peluang bisnisnya? Simak jawabannya pada artikel berikut.

Tentang Kopi Lampung

Wilayah Lampung telah lama dikenal sebagai salah satu penghasil biji kopi terbaik di Indonesia dan bahkan di dunia. Hal ini tidak lepas dari faktor cita rasanya yang memang unik. Kopi Lampung merupakan jenis robusta yang tumbuh subur di daerah dingin, dengan ketinggian tanah 800 mdpl.

Aroma yang dihasilkan biji kopi Lampung mirip seperti cokelat dan rempah-rempah. Rasa pahit yang dihasilkannya juga lebih kuat ketimbang kopi robusta pada umumnya. Sebab, tingkat keasaman kopi ini cenderung rendah.

Hal ini juga lah yang menjadikan kopi Lampung aman dikonsumsi para penderita asam lambung. Selain itu, terdapat sedikit rasa kacang atau dark chocolate setelah kopi habis diminum (aftertaste).

Variasi Menu

Sebetulnya tidak ada aturan baku tentang bagaimana cara paling enak dalam menikmati kopi yang satu ini. Meski demikian, kopi Lampung sering dinikmati sebagai espresso. Adapun bila anda ingin mendapat rasa dan aroma asli darinya, kopi ini juga dapat diseduh sebagai kopi tubruk.

Selain itu, terdapat pula berbagai variasi minuman yang dibuat dengan bahan dasar robusta Lampung. Sebagai contoh, sebut saja kopi jelly yang sedang populer, atau kopi durian Lampung yang memberi sensasi rasa durian pada kopi. Menariknya, kopi durian juga dibuat dalam bentuk bubuk dan bisa didapat di berbagai toko kopi Lampung.

Selain itu, minuman kopi khas Lampung juga bisa anda temukan di berbagai kedai kopi, dan seringkali menjadi menu andalan bagi para penikmatnya.

Peluang Bisnis

Sebagai salah satu jenis kopi terbaik di dunia, robusta Lampung telah dipasarkan dengan berbagai merk dagang, seperti AKL kopi Lampung, dan sebagainya. Melihat kepopulerannya, produk ini memiliki potensi bisnis yang cerah, serta pangsa pasar yang luas. Pebisnis bahkan dapat memasarkan kopi ini hingga ke mancanegara. Terlebih, saat ini bisnis kedai kopi juga semakin dilirik masyarakat. Hal ini terbukti dengan banyaknya warung kopi yang dapat ditemukan, bahkan hingga ke pelosok sekalipun.

Segmen pasar kedai kopi pun kini tidak lagi menyasar orang-orang tua yang lelah bekerja. Kini, kedai kopi juga menjadi arena nongkrong generasi milenial. Hal ini tentu membuat peluang usaha jual kopi Lampung menjadi semakin terbuka.

Demikian tadi sedikit kisah tentang kopi Lampung. Bila anda tertarik mencicipinya, anda dapat mengunjungi berbagai toko kopi Lampung untuk mendapatkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *