Mengenal Kebun Kopi Lampung Barat, Sentra Produksi Kopi Provinsi Lampung

Sudah pernah merasakan kopi khas Lampung? Lampung memiliki kopi robusta dengan citarasa dan kualitas kopi terbaik nasional. Salah satu sentra produksinya adalah di kebun kopi Lampung Barat. Daerah Lampung Barat menjadi salah satu contoh terbaik dari Provinsi Lampung. Selain robusta, juga ada jenis kopi lain yang dikembangkan yaitu liberika dan arabika, hanya saja jumlah produksinya tidak sebanyak robusta.
Lampung Barat memang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani kopi yang telah dilatih oleh pemerintah daerah dalam mengembangkan kebun kopinya. Memang sebagian besar kebun kopi di daerah ini adalah lahan milik rakyat.

Ingin tau lebih banyak mengenai kebun kopi di Lampung Barat? simak penjelasannya berikut ini.

Jenis Kopi yang Dikembangkan

secara umum ada beberapa ciri-ciri kopi Lampung Barat seperti batangnya lebih tinggi dan keasaman yang rendah. Karakter rasanya lebih ke earthy & nutty, juga ada rasa dark coklat dan woody pada aftertaste-nya. Jenis-jenis kopi yang dikembangkan disini antara lain:

  • Robusta

    Jenis kopi ini merupakan yang terbanyak di kembangkan di kebun kopi Lampung Barat dan menjadi primadona sampai di ekspor ke berbagai Negara. Kopi robusta ini memiliki rasa sedikit pahit tapi tidak terlalu asam dengan aroma earthy dan nutty.

  • Liberika

    Kopi Liberika aromanya lebih seperti buah nangka dengan kental dan diikuti rasa pahit. Lalu bentuk bijinya lebih kecil dibandingkan jenis kopi yang lain.

  • Arabika

    Kopi ini merupakan jenis yang spesialis tumbuh di dataran tinggi. Tingkat keasamannya tinggi, tetapi tidak seberapa pahit. Kemudian aromanya lebih ke campuran buah, bunga dan rempah-rempah.

Wilayah Perkebunan Kopi

Di Lampung Barat, terdapat banyak lokasi perkebunan kopi yang diunggulkan. Salah satu kopi yang banyak dikembangkan adalah kopi robusta dengan jumlah ekspor terbanyak dari Lampung Barat. Wilayah kebunnya memiliki luas lahan sekitar 53 ribu hektar yang tersebar di 15 kecamatan ( 5 kelurahan, 131 desa) menyebar. Salah satu daerah paling terkenal adalah Liwa yang merupakan ibukota Kabupaten Lampung Barat.

Liwa memiliki kapasitas produksi 52.645 ton kopi. Salah satu jenis kopi yang terkenal dikembangkan di Liwa adalah Kopi Robusta Liwa yang sangat khas dan sudah terkenal ke seluruh pecinta kopi sebagai kopi Lampung. Disini memang mata pencaharian utama warganya adalah petani kopi. Untuk yang di dataran rendah lebih banyak mengembangkan kopi robusta, sedangkan di dataran tinggi dikembangkan Arabika dan Liberika.

Itulah beberapa jenis kopi dan persebaran wilayah kebun kopi Lampung barat. Kopi Lampung Barat ternyata merupakan salah satu jenis terbaik di Indonesia dengan pusat perkebunannya di Liwa, ibu kota kabupaten, dan produksi terbanyak adalah kopi robusta. Teknologi yang digunakan petani di Lampung juga sudah modern membuat kualitas dan rasanya terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *