Luas Kebun Kopi Lampung, Jadi Raja Produsen Kopi Indonesia

Indonesia dikenal sebagai tempatnya para pecinta kopi. Dan Lampung adalah salah satu kawasan yang menjadi penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia. Luas kebun kopi Lampung bisa memberikan 70% pasokan dari kopi robusta di Indonesia. Tak heran jika Indonesia dikenal sebagai negara pengekspor kopi robusta terbesar di dunia karenanya.

Kebun kopi lampung sendiri sudah dibudidayakan sejak tahun 1900 an. Sehingga tak heran jika hingga saat ini, kopi robusta lampung bersaing dengan kopi yang ada di dunia. Untuk luas kebun kopi Lampung sebenarnya ada di area Lampung barat dengan luas kurang lebih 53.611 Ha.

Kopi Robusta Lampung Barat

Sudah sejak lama jika Lampung barat memang dikenal memiliki tanah yang subur. Daerah ini menjadi penghasil jenis kopi robusta yang paling disukai oleh pecinta kopi di dunia. Dataran dari Lampung barat memiliki perkebunan kopi yang sangat di Unggulkan. Setidaknya Kopi Robusta lampung telah menyumbang ekspor terbanyak dari Lampung tiap tahunnya.

Dengan memiliki lebih dari 53.611 Ha, perkebunan kopi di Lampung barat tersebar di 15 kecamatan, 5 kelurahan dan juga 131 desa. Dan salah satu daerah perkebunan kopi di kawasan Lampung barat yang paling terkenal adalah Liwa.

Perkembangan Robusta Lampung Barat

Secara umum sebenarnya mata pencaharian dari masyarakat Lampung Barat sendiri adalah petani kopi ataupun beberapa jenis perkebunan lainnya. Hal inilah yang menjadi penyebab kopi khas lampung mulai berkembang dan mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Karena dorongan ini, pemerintah akhirnya akan memberikan arahan pada para petani kopi di lampung untuk menerapkan sistem tanam tepat.

Tujuan dalam penerapan tanam tepat adalah untuk meningkatkan produksi tanaman kopi khas lampung untuk mempermudah pada petani kopi dalam hal melakukan perbaikan lahan yang sudah dianggap tidak produktif lagi.

Pada dasarnya kawasan perkebunan Lampung Barat sendiri menjadi tempat uji coba dari pengembangan dari sistem SE atau Somatik Embriogenesis tanaman kopi untuk Lampung. Dimana penerapan sistem ini memiliki pengaruh yang sangat besar dari hasil produktivitas tanaman, dan mengenalkannya pada para petani akan sistem yang bisa memicu peningkatan hasil panen dari tiap tahunnya.

Jenis Kopi Lampung

Cita rasa dari Kopi Robusta Lampung Barat memang menjadi titik perkebunan kopi di Indonesia yang menghasilkan beragam biji kopi mentah. Karena luas kebun kopi Lampung maka tak heran jika ada banyak jenis dari kopi lampung namun secara umum selain robusta ada juga kopi lainnya seperti arabika dan liberika. Aroma dari kopi masing – masing memiliki ciri khas yang berbeda. Untuk arabika memiliki tingkat keasaman yang tinggi dan pahit yang sama, sedangkan kopi robusta memiliki rasa pahit dengan aroma yang lebih terasa. Sedangkan untuk kopi liberika memiliki aroma yang unik karena seperti buah nangka dengan rasa yang jauh lebih pahit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *