Intip Cara Membuat Kopi Kekinian Dengan 12 Varian Kopi Modern Lokal

Indonesia terkenal sebagai negara dengan penghasil kopi terbesar kelima, hal ini membuat banyak pengusaha mencoba melirik potensi bisnis kopi café kuliner dengan paduan kopi kekinian. Jika kopi jadul hanya disajikan dengan tuangkan bubuk kopi, gula dan air panas, saat ini banyak muncul cara membuat kopi kekininan berbagai varian yang rasanya nagih banget di lidah.

Ini dia 12 varian kopi kekinian yang lahir dari sebuah ide kreatif kopi!

  1. Kopi Thunderbolt 

Resep minuman kopi kekinian ini terbuat dari kombinasi bubuk kopi cold brew dengan larutan lemon tea, memang rasanya cenderung asam karena campuran lemonnya cukup kuat. Kopi ini sangat segar dengan sensasi kecut (asam) dengan manisnya gula. Jenis kopi yang digunakan adalah arabica jadi Anda yang ingin mencoba kopi ini sebaiknya makan nasi terlebih dahulu agar asam lambung tidak naik ya.

Untuk mencicipi kopi thunderboltnya Anda bisa mengunjungi cafe kopi di Jakarta.

  1. Kopi Folksgatto

Jika Anda penggemar es krim dan kopi saatnya kini mencoba keduanya jadi satu hati. Lho?

Iya, kombinasi kopi dengan es krim varian rasa sangat enak dan segar. Terbuat dari kopi varian espresso dengan es rasa terserah Anda yang dituangkan ke dalam gelas khusus. Sebagai gambaran, kopi yang telah didinginkan atau semi hangat dicampur dengan es krim rasa buah berry, tampilannya kental dan ada busa menempel di bibir. Bayangkan, ada rasa manis pahit dan asam segar dari buah berrynya.

  1. Es Kopi Susu Keju 

Beberapa waktu yang lalu trending sebuah minuman teh yang dikombinasikan dengan krim keju, rasanya sangat enak dan tentu aromanya harum sekali. Kini, kopi juga tak ingin ketinggalan bersatu dengan krim keju bernama es kopi susu keju. Cara membuat kopi kekininan varian ini terbuat dari krim keju, bubuk kopi arabika, gula murni dan beberapa bubuk aroma lain sebagai penguat rasa.

Jika Anda amati akan muncul pahit, manis, gurih dan asin di dalamnya, nah satu lagi yang punya gejala asam lambung cocok banget es kopi susu keju karena tidak menawarkan rasa asam berlebihan.

  1. Red Velvet Latte 

Kopi warna merah, belum pernah dengar ya?

Kini, hadir kopi red velvet latte yang berwarna merah karpet. Cara membuat kopi kekinian tersebut adalah dengan mengkombinasikan bubuk kopi arabika, bubuk red velvet, gula dan krim rasa. Semua bahan tersebut dipadukan menjadi satu kesatuan utuh sehingga minuman kopinya berwarna merah atas dan bawah hitam tanpa ampas. Hasilnya kental, manis, dan enak disruput saat masih hangat.

  1. Almond Brulle 

Kopi dengan campuran kacang?

Enak lho, Anda akan terkesima saat mencicipinya, ini dia cara buat kopi kekinian tersebut. Bubuk kopi dikombinasikan dengan butiran kacang almond, kopi cappucino, gula dan sedikit krim bubuk agar mengembang. Butiran kacang almondnya dijadikan sebagai topping rasa manis, warna coklat tua dan busa berwarna krem. Kopi ini paling enak diminum saat hangatnya 70%, musim hujan dan cocok teman lembur.

  1. Caramel Cookie Corn 

Satu lagi nih kopi kekinian yang terbilang aman untuk lambung, caramel cookie corn. Kopi varian itu terbuat dari bubuk kopi hitam, krim caramel, dan sirup jagung yang begitu lembut yang disertai topping berupa popcorn. Warnanya cenderung putih seperti susu, teksturnya kental berbuih dan satu lagi rasanya manis, asin gurih. Kopi varian ini sedang naik daun karena dinilai cocok untuk segala suasana baik sajian dingin dengan es atau sajian hangat. Memberikan sensasi menenangkan, beberapa penikmat kopi biasanya meminta tambahan sensasi mint agar makin fresh.

  1. Kopi Ubi

Kopi ubi bukanlah kopi yang dicampur dengan ubi melainkan kopi yang dikombinasikan dengan bubuk espresso, susu sapi segar dan taro. Cara bikin kopi kekinian kadar kopinya hanya 25% sehingga sangat pas sekali untuk Anda yang memiliki gangguan lambung. Warna kopinya putih susu, dengan rasa manis alami dan sedikit pahit, aromanya cenderung ke susu ketimbang ke kopinya. Namun, jika diamati dengan seksama, Anda akan merasakan sensasi gurih dari taro. Kopi ubi tanpa menggunakan ampas sehingga habis hingga tetes terakhir.

  1. Es Kopi Pokat 

Ingin menjajal kopi buah untuk mendapatkan rasa enak dan gizi terbaik?

Cobalah resep kopi susu kekinian es kopi pokat dengan kombinasi buah alpukat, bubuk kopi, gula batu dan es krim rasa coklat. Warnanya dominan cenderung hijau, coklat atas dan topping serutan es. Rasanya manis tidak terlalu kuat, lembut dan aroma buah pokatnya begitu menggoda. Jika Anda aduk gelasnya, akan ada meses bagian bawah, bagaimana?

Anda masih kurang penasaran dengan trending es kopi pokat?

  1. Fore Pandan Latte 

Jika Anda melihat tampilan fore pandan  latte akan langsung menebak, ini es cendol atau es kopi ya?

Nah, secara tampikan ga jauh beda tetapi secara rasa jauh berbeda. Kopi varian ini terbuat dari kombinasi bubuk kopi hitam kuat, susu murni, krim dan seduhan daun pandan . Jadi, jika Anda hirup minuman ini akan muncul aroma pertama daun pandan , segarnya susu dan aroma kopi. Rasanya cenderung banyak pahit dan sedikit manis. Cocok sekali disajikan dalam bentuk es, cuaca panas.

  1. Cappucino 

Resep kopi kekinian varian cappucino yang satu ini sangat terkenal sekali dan hampir tersedia untuk semua tempat nongkrong atau cafe kopi. Varian ini berasal dari Italia dengan kombinasi espresso dan susu dengan busa tebal. Harga kopi ketje menu cappucino mulai dari Rp. 17 ribuan – Rp. 27 ribu. Di cafe kopi ketje tersedia juga berbagai menu varian seperti klepon series, kopi ndeso, kopi kota, soda kota, jus buah, minuman thai tea dan sebagainya.

  1. Macchiato 

Merupakan minuman kopi dengan kombinasi bubuk espresso dengan susu kental alami dengan perbandingan susu lebih besar yaitu 4:1 terhadap kopinya. Rasanya memang nampak sekilas susu kopi, sensasi aroma kopinya sedikit sekali. Terbagi menjadi 2 varian macchiato yaitu latte macchiato dan espresso macchiato. Untuk latte macchiato memiliki kadar susu tinggi dengan sedikit espresso sedangkan espresso macchiato memiliki kadar kopi tinggi sedikit susu.

  1. Affogato 

Merupakan minuman kopi dengan resep minuman kopi boba bubuk espresso kuat, bubuk es krim vanilla dan beberapa bubuk krim. Ukuran perbandingan kopi dengan es krimnya yaitu 2:3, sehingga dalam seduhan pertama Anda rasakan sensasi pahit kemudian manis. Aroma vanilla yang sedap bisa membuat nafsu makan Anda tinggi dan tentunya varian ini lebih aman untuk gangguan lambung.

Pilihan varian cara membuat kopi kekinian di atas bisa Anda praktekkan di rumah untuk mengisi waktu luang. Banyak sekali cafe nusantara yang menggunakan kopi lokal sebagai bahan baku minuman, seperti kopi lampung, toraja, temanggung, dampit, bali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *