Ini Dia 4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebagai Cara Bikin Kopi Kekinian

Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak disukai oleh orang, baik anak muda hingga orang dewasa. Namun, bagi Anda yang ingin membuat kreasi kopi kekinian agar lebih menarik dan enak maka Anda bisa melihat beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai cara bikin kopi kekinian. Mari simak ulasannya!

  1. Pilihlah Biji Kopi Terbaik

Langkah atau cara pertama dalam membuat kopi adalah Anda harus bisa menentukan biji kopi yang akan dipilih nantinya. Untuk jenis kopi tentu saja ada bermacam-macam jenisnya seperti biji kopi Gayo, Arabika, Robusta dan lainnya.

Namun, pada umumnya banyak pebisnis yang lebih memilih biji kopi Robusta dan Arabika untuk dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan kopi kekinian. Sebab, citarasa yang ditawarkan jauh lebih nikmat, meskipun kopi Robusta memang cenderung lebih pahit rasanya dibandingkan dengan Arabika.

  1. Kualitas Biji Kopi

Sebagai cara membuat kopi kekinian yang enak maka Anda membutuhkan biji kopi yang terbaik dan berkualitas tinggi. Sebab, jika Anda salah memilih biji kopi terlebih lagi yang tidak bagus maka akan dapat merusak citarasa yang ditawarkan dari kopi tersebut. Nah, sebagai tipsnya Anda sangat disarankan untuk membeli biji kopi yang bagus, berkualitas dan masih utuh. Setelah itu, barulah Anda menggilingnya sendiri dirumah ataupun di tempat bisnis Anda.

  1. Pembuatan Kopi

Seperti yang Anda ketahui bahwa cara bikin kopi kekinian ada dua cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menggunakan manual brew dan juga mesin. Namun, untuk kedua cara tersebut tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing.

Nah, jika Anda membuat kopi dengan cara menggunakan mesin, tentu saja akan lebih cepat dan praktis. Namun, untuk harga satu buah mesin kopi ini tentu saja sangat mahal dan membutuhkan pemeliharaan sehingga mesin tetap dapat bekerja secara optimal.

Akan tetapi, jika Anda lebih memilih menyeduh kopi dengan cara manual brew tentu boleh saja. Namun, untuk metode ini pada biasanya akan membutuhkan latihan yang rutin sehingga Anda bisa melakukannya dengan baik dan cepat.

  1. Suhu Air Panas

Agar kenikmatan dalam mencicipi kopi kekinian tentu kualitas air dan suhu sangat penting untuk Anda ketahui. Hal ini tentu menjadi salah satu penunjang dalam pelarut rasa dan juga aroma kopi yang dihasilkan. Oleh karena itu, untuk pembuatan satu cangkir kopi dengan cara yang benar maka Anda memerlukan memanaskan air dengan suhu yakni mulai dari 92oC hingga 94oC.

Selain itu, jika Anda ingin membuat secangkir kopi yang tidak terlalu pekat maka Anda bisa membuat kopi dengan suhu 94 oC, sedangkan kopi yang pekat tentu saja akan terasa jauh lebih nikmat jika diseduh dengan air panas yang mendekati 92 oC.

Jadi, itulah ada beberapa hal sebagai cara bikin kopi kekinian yang harus Anda perhatikan dengan baik sehingga citarasa kopi bisa terjaga dan tetap nikmat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *