Fakta dan Cara Memilih Kopi Lampung Asli

Untuk Anda para penggemar kopi, pasti tahu tentang kopi Lampung asli. Ini adalah salah satu kopi robusta asal Indonesia yang cukup terkenal, tidak hanya di tanah air, namun juga di mancanegara. Cita rasanya yang enak, sangat digemari oleh banyak negara di dunia. Tapi tahukah Anda fakta tentang kopi asal Lampung tersebut, dan bagaimana cara memilihnya. Jika belum, maka ulasan berikut pas untuk Anda.

Cita rasa dan aroma kopi Lampung

Jenis biji kopi atau kopi bubuk Lampung yang banyak ditawarkan adalah kopi robusta. Dari sisi aroma, kopi Lampung ini seperti aroma coklat yang berpadu dengan aroma rempah-rempah. Sedangkan dari sisi cita rasa, kopi yang satu ini terkenal akan rasa asam, bercampur dengan rasa pahit yang cukup kuat. Ketika dibandingkan dengan kopi dari daerah lainnya, kopi Lampung ini, mempunyai kandungan asam yang cukup ideal dan aman untuk dikonsumsi.

Ciri khas kopi Lampung

Ciri khas dari kopi bandar Lampung ini dapat dilihat dari bijinya. Terutama ketika dipanggang, dengan tingkat kematangan yang lebih, maka kopi akan terasa lebih padat dan nikmat. Saat ini para pecinta kopi banyak mengkonsumsi kopi jenis ini, dari wujud espresso atau juga kopi tubruk, guna memperoleh rasa kopi yang original.

Perkebunan kopi di Lampung

Mungkin banyak dari Anda yang tidak menyadari bahwa kopi robusta sendiri sudah ada di Lampung sejak tahun 1900-an. Dimana kopi tersebut, dibawa oleh pemerintah Kolonial Belanda. Adapun perkebunan kopi di Lampung dalam hal ini perkebunan kopi robusta, yang paling besar ada di Kabupaten Lampung Barat, dengan luas sekitar 53.611 Ha. Sedangkan perkebunan kopi terluas kedua ada di Kabupaten Tanggamus Dennen, dengan luas sekitar 43.267 Ha. Kedua daerah tersebut adalah daerah penghasil utama dan pemasok utama kopi Robusta Lampung. Berada di atas ketinggian 800 mdpl, serta tumbuh subur di daerah dingin.

Ketika panen dilakukan, maka hanya biji kopi pilihan yang akan dipanen, itu sebabnya, kenapa kopi Lampung jadi lebih berkualitas. Ditambah dengan sistem perawatan yang baik, dan inovasi pengelolaan yang baik, semakin meningkatkan kualitas dan juga mutu dari kopi tersebut.

Komoditi ekspor kopi terbesar

Fakta berikutnya, adalah kopi robusta asal Lampung ini adalah penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia, dimana hampir 70% pasokan kopi robusta, yang ada di Indonesia dihasilkan oleh daerah yang dimaksud. Seperti yang disebutkan di atas, kualitas dan karakteristik kopi Lampung ini sangat disukai oleh banyak negara di dunia.

Jenis-jenis kopi Lampung

Yang perlu Anda ketahui adalah, jenis kopi Lampung ini cukup beragam. Berikut ini adalah macam macam kopi Lampung yang banyak ditawarkan dan digemari oleh para pecinta kopi, antara lain :

  1. Kopi Robusta Spesial Ahli Kopi Lampung, diproduksi dari kebun kopi di Lampung asal Liwa.
  2. Kopi Robusta Lampung Semut, disebut demikian, karena karakter biji kopi yang dihasilkan cenderung kecil-kecil. akan lebih nikmat ketika diseduh dengan kopi arabika.
  3. Kopi Robusta Lampung Finest Robusta, mempunyai rasa yang pekat, dengan aroma coklat hingga rempah-rempah, adapun tingkat keasaman yang lebih rendah, dibandingkan kopi Lampung lainnya. Adapun harga kopi Lampung asli dimulai dari harga 20 ribuan rupiah per 250 g.
  4. Kultur Coffee Beans Robusta Lampung, sering disebut dengan kopi lanang, yang konon baik untuk menjaga vitalitas para pria.
  5. Kopi merah Ali kopi Lampung, termasuk salah satu kopi Lampung terkenal karena masuk ke dalam grade 1, dengan cita rasa yang ringan.
  6. Kopi Bubuk Robusta Lampung Brazilica, termasuk kopi Lampung terenak, karena mempunyai cita rasa karamel dan nutty yang sempurna.

Cara memilih kopi Lampung sesuai keinginan

Mengingat koleksi kopi Lampung asli beragam, sudah pasti Anda harus lebih pandai dalam memilih jenis dan produk kopi asal lampung yang tepat dan sesuai dengan cita rasa yang diinginkan.

  1. Ketahui level roasting yang dilakukan

Seperti diketahui bersama ada 3 level roasting yang dilakukan, dimana masing –masing level akan mempengaruhi cita rasa kopi yang akan ditampilkan.

  • Light roast

Kali ini biji kopi akan dipanggang dengan suhu sekitar 1960C hingga 2050C. Dengan demikian, biji kopi mentah (green bean) akan dipanggang hingga hingga mengalami first crack. Sehingga rasa yang dihasilkan, akan terasa sangat asam, sedikit grassy, dan pahit. Selain itu, warna yang ditampilkan warna coklat terlihat lebih terang kekuningan, dan tidak ada kilau minyak di bagian permukaan.

  • Medium roast

Ini adalah proses pemanggangan biji kopi dengan suhu 2100 C hingga 2190 C. Dimana pada level ini, biji kopi yang sedang dipanggang akan mengeluarkan aroma yang manis, dengan tingkat keasaman dan juga rasa pahit yang mulai berkurang.

Dari sisi warna, biji kopi akan terlihat berwarna coklat tua atau disebut dengan tanned. Ini adalah salah satu level roasting yang cukup diminati oleh para penggemar kopi Lampung.

  • Dark roast

Dark roast atau medium dark roast, sebenarnya dapat dikatakan sebagai level yang sama. Dimana teknik pemanggangan pada biji kopi yang satu ini, berada pada suhu 2250 C atau bahkan lebih. Selain itu, pada suhu ini, kopi akan mengalami second crack.

Dari sisi aroma, akan tercium aroma terbakar, atau aroma gosong. Selain itu tingkat keasaman pada kopi ini akan hilang dan hanya tersisa rasa pahit. Warna pada biji kopi ini, juga akan terlihat hitam mengkilap, lantaran banyaknya minyak yang dihasilkan.

  1. Pertimbangkan bentuk kopi

Ketika membeli kopi di pasaran, umumnya tersedia dalam 2 macam bentuk. Kali ini, Anda dapat mempertimbangkan bentuk seperti apa yang pas dan sesuai selera Anda.

  • Biji kopi

Ketika membeli biji kopi maka umur simpannya akan jauh lebih panjang. Lantaran kandungan minyak dan gas pada biji kopi, akan menjaga rasa dan kesegaran dari kopi itu sendiri.

Adapun biji kopi yang dijual di pasaran sendiri ada 2 jenis, yaitu dalam kondisi biji mentah, namun kebanyakan sudah dipanggang.  Untuk biji kopi yang sudah dipanggang, ketika Anda menginginkan kopi tersebut, maka Anda dapat menjelaskannya terlebih dahulu, untuk kemudian dikonsumsi. Sedangkan untuk biji mentah, maka Anda harus menyangrainya atau memangganggya terlebih dahulu.

  • Kopi bubuk

Membeli kopi Lampung dalam bentuk bubuk, pastinya jauh lebih praktis dan efisien. Selain itu, rasa dan teksturnya juga lebih konsisten.

  1. Pilih kopi dengan tingkat keasaman rendah

Seperti yang dibahas di atas, kadar keasaman pada biji kopi tersebut cukup beragam, tergantung dari teknik pemanggangan biji kopi itu sendiri. Kandungan asam yang ada pada biji kopi tersebut ada 2 macam yaitu asam chlorogenic dan asam quinic. Untuk asam chlorogenic, semakin tinggi level roasting, membuat kadar asamnya jadi lebih sedikit. Sedangkan untuk asam quinic, sebaliknya, semakin tinggi level roasting, membuat kadar asamnya bertambah. Jadi untuk Anda yang mempunyai permasalahan pada asam lambung, sebaiknya pilih yang medium roasting.

Untuk kandungan kafein pada kopi, tidak jauh berbeda dengan tingkat keasaman pada kopi itu sendiri. Untuk Anda yang mempunyai masalah pada lambung, sebaiknya memilih jenis kopi decaffeinated atau kopi dengan kadar kafein rendah.

Demikianlah beberapa ulasan tentang beberapa fakta menarik dari kopi Lampung asli, serta bagaimana tips memilih kopi Lampung yang tepat, dan pastinya sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *