Cara Meracik Kopi Kekinian Bahan Gula Aren Di Rumah

Bisnis kopi kekinian saat ini menjadi bisnis yang paling diminati oleh banyak orang. Hal ini terlihat banyaknya kedai kopi kekinian yang buka di Indonesia. Salah satu menu yang sedang trend sekarang adalah kopi kekinian dengan gula aren. Namun ternyata ada cara meracik kopi kekinian di Rumah.

Ternyata anda tidak harus mendatangi kedai kopi kekinian untuk menikmati rasa kopi gula aren. Karena ada minuman es kopi kekinian yang sederhana yang bisa dilakukan sendiri di Rumah. Anda bisa mengikuti bahan-bahan serta langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini.

Bahan yang Perlu Disiapkan 

Sebelum ke cara meracik kopi kekinian dengan bahan gula aren. Tentu saja, anda harus menyiapkan bahan-bahan pembuatannya. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangatlah mudah, bahkan sangat mudah ditemukan di dapur dan toko sekitar.

  • 2 sendok teh bubuk kopi gilingan atau juga bisa menggunakan 1 sachet kopi hitam instan
  • 30-100 ml air sesuai dengan selera
  • 120-150 ml susu putih yang tanpa gula bisa menggunakan susu UHT
  • 20-50 ml gula aren bisa disesuaikan dengan kadar rasa manis yang diinginkan

Langkah Meracik Kopi Gula Aren Kekinian 

Setelah mengetahui bahan yang harus disiapkan, sekarang kita mulai ke langkah-langkah meracik kopi dengan gula aren ini.  Langkah yang harus yang dilakukan adalah berikut ini.

  1. Pertama potong gula aren secara cacah sehingga akan mudah dilarutkan. Masukkan kepada air yang sudah dididihkan sebelumnya. Kemudian aduk-aduk perlahan sampai gula aren mencair tanpa ada yang menggumpal. Masukkan ke dalam wadah tahan panas untuk proses pendinginan sebelum digunakan.
  2. Kedua, seduh kopi dengan air panas di dalam gelas dengan cara biasa jangan ditambahkan gula sama sekali. Kemudian diamkan pula sampai kopi tersebut dingin secara alami.
  3. Ketiga, setelah kedua bahan tadi sudah dingin. Tuangkan gula aren yang dibuat pada langkah pertama pada sebuah gelas. Pastikan gula aren tersebut memenuhi dasar gelas agar rasanya tidak kalah dengan kopi. Kemudian tambahkan es batu terlebih dahulu di atasnya.
  4. Keempat, tambahkan susu secara perlahan banyaknya susu yang ingin dituangkan bisa disesuaikan dengan selera anda. Namun lebih baik jangan menuangkan susu terlalu banyak agar ada ruang untuk cairan kopi di gelas.
  5. Kelima, tahap terakhir tentu saja tuangkan kopi yang sudah mendingin pada gelas. Tuang secara perlahan dan jangan diaduk terlebih dahulu. Hal ini agar tampilan warna pada gelas terlihat cantik.

Itulah cara meracik kopi kekinian dengan bahan dasar gula aren. Ternyata sangat mudah bukan untuk melakukannya. Bahkan anda bisa meracik es kopi kekinian satu ini sendiri di Rumah. Jika racikan anda berhasil, sangat mungkin untuk menjadikannya sebagai kesempatan bisnis baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *