Cara Buat Kopi Kekinian Enak Murah Ala Coffee Shop

Kopi dibuat dari pengolahan biji kopi yang kemudian diseduh. Jenis kopi yang banyak ditemukan adalah kopi robusta dan kopi arabika. Kopi robusta ternyata memiliki kandungan kafein yang lebih kuat dari kopi arabika loh. Jadi kopi robusta menghasilkan rasa lebih pahit namun nikmat.

Kopi robusta Lampung merupakan salah satu kopi yang terkenal. Biji kopi lampung memiliki bentuk yang sedikit lebih besar. Kopi robusta Lampung memiliki cita rasa pahit dan asam yang khas. Bagi kamu pecinta kopi pahit, jenis kopi ini akan sangat kamu sukai. Seperti pada bahasan di atas, kafein robusta berkadar kafein lebih kuat sekitar 1,5-3,3%.

Kopi robusta Lampung memiliki biji kopi yang berkualitas tinggi. Hal ini karena kopi robusta sendiri mudah hidup di dataran rendah dan kawasan yang hangat. Sehingga Indonesia merupakan negara yang mampu menjadi produsen terbesar kopi robusta. Oleh itu banyak ditemukan kopi kekinian dari biji kopi robusta. Kamu bisa mendapatkan kopi robusta langsung dari penjual kopi robusta atau memesan di e-commerce.

Apakah kamu salah satu penggemar kopi juga? Hmm kalau gitu apakah kamu sering ke coffee shop? Kamu bisa membuat kopi ala coffee shop sendiri di rumah dengan bahan yang murah. Namun pastikan kamu punya bahan utamanya yaa. Tentu saja kopi atau biji kopi yang bisa kamu haluskan sendiri.

Cara buat kopi kekinian dengan bahan-bahan sebagai berikut:

  1. Kopi robusta halus atau kopi sachet yang ada di rumahmu. Hindari kopi yang meninggalkan ampas. Jika kopimu menghasilkan ampas, kamu bisa menyaringnya sebelum mencampur dengan bahan lain.
  2. Susu UHT favorit kamu, usahakan susu berwarna putih supaya membuat gradasi warna pada kopi. Jika kamu ingin kopi dengan banyak foam, gunakan susu yang memiliki kandungan lemak. Kandungan lemak akan menghasilkan buih atau foam lebih kental.
  3. Gula aren cair atau gula jawa merah. Cairkan gula aren dengan air panas. Jika kamu menggunakan gula jawa atau gula merah, cairkan juga dengan air panas dengan tekstur kental.
  4. Krimer bubuk. Gunakan krimer bubuk atau krimer cair. Krimer bubuk lebih direkomendasikan karena jenis ini lebih tahan lama. Krimer bubuk memberikan rasa lembut pada kopi. Tambahan gula aren cair dan krimer bubuk adalah kunci cara buat kopi enak dengan mudah.
  5. Siapkan air panas untuk menyeduh kopi dan mencairkan gula.
  6. Es batu. Tambahan es batu untuk membuat kopimu semakin segar.

Setelah bahan kamu siapkan kamu bisa mulai dengan cara membuat kopi kekinian di bawah ini;

  1. Seduh kopi kamu menggunakan air panas. Jika kamu memiliki mesin pembuat kopi, kamu bisa menggunakannya.
  2. Sembari menunggu kopi dingin, siapkan gelas saji, tuangkan krimer dan susu UHT ke dalamnya. Pastikan kamu mengaduknya hingga rata.
  3. Tuangkan kopi yang sudah dingin ke dalam gelas saji.
  4. Tambahkan gula aren cair atau gula merah.
  5. Beri es batu dan kopi kekinian milikmu siap disajikan.

Mudah sekali kan cara buat kopi kekinian ala coffee shop atau kedai kopi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *