Anda Penikmat Kopi? Macam-macam Kopi Lampung ini Wajib Dicoba

Membicarakan macam-macam Kopi, rasanya akan kurang lengkap jika tidak menyebut Kopi Lampung. Ya, Lampung merupakan salah satu daerah di Pulau Sumatera yang terkenal sebagai daerah penghasil biji kopi terbesar dan berkualitas. Bahkan, komoditas kopi nasional didominasi oleh Lampung.

Kopi Lampung asli mempunyai ciri  atau cita rasa yang khas. Dari teksturnya, kopi Lampung sangat halus, dan warnanya hitam pekat. Untuk rasanya, pada saat dihidangkan, Kopi Lampung terkenal pahit. Yang membuat Kopi Lampung ini terasa unik adalah, pada saat dinikmati seperti terdapat rasa pahit cokelat. Begitu pun saat dihirup, Anda akan merasakan sensasi aroma coklat.

Sebagaimana komoditas hasil bumi lainnya, Kopi Lampung ternyata merek atau jenisnya bermacam-macam. Bagi Anda penikmat kopi Lampung fanatik, ada baiknya mengetahui macam-macam Kopi Lampung berikut ini:

 

Kopi Lampung Robusta

Dalam dunia perkopian dikenal jenis kopi Robusta dan Arabika. Kedua jenis ini pun mudah untuk Anda temukan, begitu juga pada jenis Kopi Lampung. Kopi Lampung Robusta menjadi varian yang termasuk paling digemari oleh pecinta kopi. Rasanya cenderung  pahit sebab kandungan kafeinnya yang tinggi. Sebagaimana citarasa yang dimiliki kopi Lampung, jenis Robusta dari Lampung ini pun memiliki citarasa coklat.

 

Kopi Lampung Arabica

Jenis Arabica menjadi pelengkap varian Kopi Lampung. Kadar kepahitannya tidak sepahit jenis kopi Robusta, karena kadar kafein nya cukup rendah sekitar 1,2 persen. Jenis Arabica pun cukup digemari pecinta kopi yang tidak terlalu menyukai pahit. Kopi Arabica juga kerap dihidangkan dengan dicampur dengan jenis Robusta. Rasanya tentu saja lebih nikmat.

 

Kopi Lampung Robusta AKL Spesial

Robusta Ahli Kopi Lampung (AKL) Spesial dibuat dari kopi Liwa. Liwa merupakan nama tempat dimana kopi ini dipanen. Kopi Liwa ditanam di pegunungan Liwa yang berada di Lampung Barat. Tempatnya yang subur menjadikan biji kopi yang memiliki kualitas unggul. Pengolahan sebelum siap disajikan dilakukan melalui proses roasting menggunakan peralatan modern. Menghasilkan Robusta AKL Spesial Lampung yang siap menemani waktu bersantai Anda.

 

Robusta Lampung Aren

Macam-macam kopi Lampung selanjutnya yaitu “Robusta Lampung Aren”. Merupakan kopi unggulan yang berasal dari Lampung Barat. Tekstur kopinya tidak terlalu bubuk. Apabila diperhatikan nampak kecil-kecil. Warnanya hitam pekat sangat khas sebagaimana kopi Lampung pada umumnya. Pengolahannya sudah memakai peralatan roasting modern, sehingga terjaga kehigienisannya. Yang membedakan kopi ini sudah tersedia pemanis Aren di dalamnya sehingga konsumen tinggal menyeduhnya dengan air panas di rumah.

 

Lampung Finest Robusta

Pembahasan macam-macam Kopi Lampung kali didominasi jenis Robusta. Jenis Robusta Lampung yang perlu Anda coba adalah “Finest”. Tidak hanya tersedia varian robusta original, Anda dapat mencoba varian kopi dengan campuran rempah-rempah nusantara. Rasa dasar Kopi ini tentunya juga beraroma coklat. Tingkat rasa asamnya tidak terlalu tinggi, sangat cocok untuk dinikmati sehari-hari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *