5 Kiat dalam Membeli Kopi Bubuk Lampung

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sangat digemari masyarakat. Pemandangan orang yang tengah menikmati kopi sangat mudah kita jumpai sehari-hari.
Mungkin Kita jarang menanyakan jenis kopi apa yang mereka konsumsi? Pengetahuan mengenai jenis kopi sangatlah penting. Terlebih mengetahui jenis kopi yang benar‐benar asli dan aman dikonsumsi.
Kopi bubuk Lampung merupakan jenis yang banyak dikonsumsi masyarakat. Karena Lampung telah menjadi daerah penghasil kopi yang mendistribusikan kopinya ke seluruh Indonesia. Nah, ada kiat atau tips khusus dalam memilih kopi Lampung asli. Jika Anda berencana membeli kopi bubuk Lampung asli, berikut ini hal yang perlu Anda perhatikan.

Kenali Aroma Kopi
Kopi bubuk Lampung kualitas terbaik dapat dikenali dengan cara mencium aromanya. Biji atau bubuk kopi yang baik biasanya beraroma halus, tidak menyengat. Hindari membeli bubuk kopi yang mulai berbau apek, atau berbau tidak sedap.

Pastikan Bubuk Kopi Fresh Roasted
Bubuk kopi yang banyak beredar seringkali merupakan roastingan lama. Kopi bubuk Lampung yang baik yang Anda beli, sebaiknya belum melebihi 30 hari setelah di roasting. Kopi yang sudah dalam bentuk bubuk, terlebih yang memakai campuran rentan sekali kehilangan kesegarannya. Jika sudah demikian, kopi akan kurang fresh pada saat dihidangkan.

Ukur Kandungan Gula serta Kafein Kopi
Mengkonsumsi kopi dengan kadar kafein terlalu tinggi kurang baik untuk tubuh. Mengukur bubuk kopi berkadar kafein tinggi bisa dengan cara mencobanya. Semakin pahit, kandungan kafeinnya semakin tinggi. Untuk terhindar dari kafein yang terlalu tinggi, jenis Arabika sangat direkomendasikan mengingat kandungannya hanya 1,2 persen saja.
Demikian juga dengan kadar gula pada Kopi. Penting mengetahui mana jenis kopi yang berkadar gula tinggi dan mana yang berkadar gula rendah. Ukurannya adalah kondisi kebutuhan gula Anda. Sebagian orang mempunyai pantangan mengkonsumsi gula yang berlebihan.

Beli Dalam Jumlah yang Sedikit
Sekalipun Anda pecinta Kopi, tetap tidak dianjurkan menyetok kopi dalam jumlah yang banyak. Sebaiknya beli sedikit namun dengan beberapa varian. Tujuannya, Anda bisa mengeksplorasi sesuai selera Anda. Selain itu, menyetok kopi dalam jumlah sedikit meminimalisir kopi menjadi kadaluarsa atau apek.

Perhatikan Tempat Penyimpanan
Agar kopi bubuk Lampung Anda tetap terjaga kesegarannya, perhatikan temperatur suhu tempat kopi disimpan. Hindarkan kopi dari sinar matahari langsung atau tempat yang terlalu panas. Juga tidak disarankan menyimpan biji atau bubuk kopi di dalam kulkas, untuk menghindari agar kopi tidak basah. Kopi yang setelah di roasting perlu disimpan di tempat yang kedap udara, dan melindungi kopi tetap dalam keadaan kering. Selalu pastikan tempat atau wadah penyimpan kopi tertutup rapat. Hal ini agar gas atau senyawa pada kopi tidak terkontaminasi udara dari luar, karena dapat memudarkan cita rasa kopi Lampung asli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *