Menarik! 10 Fakta Mengenai Kopi Lampung Barat Sebagai Produsen Kelas Dunia

Di pelataran hijau yang subur di Lampung Barat, biji-biji kopi berkualitas tinggi bersemayam, siap menghadirkan ekspresi rasa yang kaya dan memikat para penikmatnya.

Lampung Barat, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Lampung, memiliki peran penting dalam industri kopi Indonesia. Daerah ini membanggakan diri sebagai produsen biji kopi terbaik, menawarkan kualitas dan cita rasa yang istimewa. Apa yang membuat Lampung Barat begitu istimewa sebagai produsen biji kopi? Mari kita melihat fakta-faktanya.

 

The Best Body Robusta Coffee

[pgp_tittle]

Lampung Barat memproduksi kopi robusta yang unik dan berbeda dari kopi robusta umumnya. Biji kopi robustanya memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dari biji kopi robusta lainnya. Kandungan kadar kafeinnya yang tinggi membuat seduhan kopi dari biji kopi robusta lampung barat lebih kental dan pekat. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kopi yang menginginkan sensasi body dan kafein yang lebih kuat.

Aroma Tanah Basah Segar

[pgp_tittle]

Selain itu, kelebihan lain dari kopi Lampung Barat adalah aroma kesegaran tanah basah seperti berada di kaki gunung. Di daerah ini, tanaman kopi tumbuh di lingkungan alamiah yang mendukung, seperti iklim yang dingin sejuk dan tanah yang subur. Kombinasi faktor-faktor ini mempengaruhi cita rasa dan aroma khas dari Lampung Barat. Aroma Fresh Earthy yang kuat dan tajam ini memberikan pengalaman unik bagi para penikmat kopi yang mencoba biji kopi dari Lampung Barat.

 

Kopi Robusta Lampung Barat Sejak Tahun 1750

Tidak hanya itu, Lampung Barat juga memiliki tradisi panjang sebagai produsen robusta green beans. Para petani kopi di daerah ini telah mewariskan pengetahuan dan teknik tertentu dalam proses penanaman dan pengolahan biji kopi. Mereka memelihara kualitas biji kopi pada standar yang tinggi dan memenuhi standar internasional.

 

Penunjang Ekonomi Lokal

Peran Lampung Barat sebagai produsen robusta coffee greenbeans yang kuat sangat penting bagi perekonomian daerah tersebut. Pabrik di sini tidak hanya memasok biji kopi untuk konsumsi lokal, tetapi juga mengekspornya ke berbagai negara di dunia. Ini mencerminkan kepercayaan dan apresiasi global terhadap kualitas biji kopi dari Lampung Barat.

 

Pemenang Fine Robusta KKSI

Dalam berbagai kesempatan, biji kopi dari Lampung Barat telah meraih berbagai penghargaan bergengsi. Ini membuktikan bahwa biji kopi dari daerah ini dapat bersaing dengan kualitas kopi dari negara lain yang lebih terkenal. Para pecinta kopi di seluruh dunia semakin mengakui dan memahami keistimewaan Lampung Barat sebagai produsen biji kopi yang andal.

 

Tahun 2023 ini Robusta masuk dalam nominasi fine robusta terbaik 5 besardalam Kontes Kopi Spesialti Indonesia.

 

Kebun Kopi Robusta Terbesar di Indonesia

Lampung Barat dikenal sebagai wilayah yang subur dan menghasilkan bijikopi berkualitas tinggi. Pada ketinggian 500-1.000 meter di atas permukaan laut, terdapat perkebunan kopi dengan luas sekitar 60 hektare yang mampu menghasilkan 100.000 ton kopi per tahun.

 

Memproduksi Tiga Jenis Biji Kopi Terbaik

Pertama-tama, Lampung Barat memproduksi biji Arabika, yang dikenal dengan rasanya yang asam dan pahit yang ringan, serta aroma buah, bunga, dan rempah-rempahnya. Selanjutnya, ada biji Liberika yang menyajikan aroma buah nangka, kekentalan, dan rasa pahit yang khas. Terakhir, biji Robusta menjadi yang paling populer di daerah ini, menawarkan rasa pahit dan aroma yang kaya dan memikat.

 

Menjadi Model Perkebunan Kopi Nasional

Wilayah kebun kopi lambar menjadi model perkebunan nasional. Demikian karena usaha keras petani dalam mempelajari sistem penanaman kopi yang baik dan meningkatkan kualitas produksi kopi di wilayahnya.

 

Nilai Ekspor Kopi Lampung Barat Yang Tinggi

Produk greenbeans dari Lampung Barat memiliki kualitas yang baik dan tidak hanya popular di dalam negeri, tetapi juga di mancanegara dengan nilai ekspor yang cukup tinggi, mencapai 91 juta dolar.

 

Cita Rasa Nikmat dengan Harga Terjangkau

Harga biji atau bubuk dari Lampung Barat sangat bervariasi, tergantung pada perawatan tanaman, waktu pemetikan buah, dan proses penanganannya. Meski demikian, kopi Arabika masih menetapkan harga tertinggi dibandingkan dengan jenis kopi lainnya.

Karena itu, tidaklah mengherankan jika Lambar menjadi tujuan wisata kuliner bagi para coffee lovers. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke Lampung Barat untuk menikmati keindahan alamnya sambil menikmati seduhan yang khas. Mereka akan menikmati sensasi unik dan kelezatan kopi yang jarang ditemui di tempat lain.

Dengan segala fakta-fakta mengenai Lampung Barat sebagai produsen robusta coffee green beans terkemuka, tidak ada keraguan lagi bahwa daerah ini layak mendapatkan penghargaan dan pengakuan. Kontribusinya dalam membangun industri kopi Indonesia sangatlah bernilai. Mari kita dukung terus petani dan pengusaha kopi di Lambar, agar banyak orang terus mengenal dan menikmati warisan cita rasa kopi yang lezat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *